Profil Boaz Solossa, Raja Gol di Liga Indonesia

profil boaz solossa

Pemain sepak bola asal Persipura Jayapura yang satu ini merupakan pemain yang masih terus aktif dalam dunia sepak bola. Boaz dikenal sebagai pemain sepak bola yang sangat berbakat dan banyak menorehkan prestasi di bidang sepak bola. Dalam profil Boaz Solossa, ia memiliki julukan sebagai raja gol setelah penampilannya di Liga Indonesia pada tahun 2008.

Semasa karirnya, Boaz telah tampil dalam beberapa klub seperti Perseru Serui, Persipura Jayapura, Borneo FC dan Carsae FC. Boaz juga memiliki karir yang panjang dalam dunia sepak bola, ia telah berkarir selama 17 tahun dan sampai di tahun 2021, ia masih aktif dalam tim sepak bola dan masih menjadi bagian dari Timnas Indonesia.

Awal Karir Boaz Solossa

Keberhasilan Boaz untuk menjadi pemain sepak bola tentunya memakan proses yang cukup lama. Boaz sendiri sudah menekuni dunia sepak bola sejak kecil, ia telah mengikuti klub sepak bola sejak berusia 13 tahun. Klub bola pertama yang ia ikuti adalah PS Putra Yohan pada tahun 1999 hingga tahun 2000, kemudian pindah ke klub bola lain yaitu Perseru.

READ  Nomor Punggung yang Bagus Untuk Pemain Bola

Menginjak usia 18 tahun, karir Boaz mulai bersinar, ia berhasil masuk dalam Tim PON Papua. Bersama timnya, ia mengikuti pertandingan PON ke-16 yang diselenggarakan di Palembang pada tahun 2004. Berkat penampilannya di pertandingan PON tersebut, Boaz berhasil menjadi perhatian pelatih Timnas Indonesia saat itu, yaitu Peter White.

Penampilan Boaz yang berhasil menjadi perhatian pelatih Timnas tersebut membuat Boaz berhasil mengikuti Piala Tiger 2004 bersama Skuad Garuda. Dalam pertandingan tersebut, Boaz berhasil mencetak 4 gol dan membuat timnya berhasil memasuki final meskipun masih belum berhasil memenangkan pertandingan. Berkat penampilannya itu, ia berhasil menandatangani kontrak dengan Persipura Jayapura pada tahun 2005 dan menjadi bagian dari Timnas Indonesia.

Sempat Hiatus Akibat Cedera

Salah satu resiko menjadi pemain sepak bola adalah mengalami cedera. Boaz sendiri tercatat sebagai salah satu pemain sepak bola Indonesia yang sering mengalami cedera saat pertandingan. Ia terhitung telah mengalami cedera sebanyak dua kali saat mengikuti pertandingan bersama Timnas Indonesia. Meski demikian, Boaz berhasil sembuh dari cedera dan kembali bermain sepak bola.

READ  Gaji Pemain Bola Tertinggi di Indonesia, Ini Penerimanya

Pada penampilan pertamanya bersama Skuad Garuda, Boaz telah mengalami cedera pertamanya. Pada pertandingan Piala Tiger saat itu ia mengalami patah kaki setelah ditekel oleh pemain Singapura. Sehingga ia bersama timnya gagal harus menerima kekalahan dalam pertandingan itu.

Cedera paling parah yang dialami oleh Boaz terjadi pada tahun 2007 bersama Timnas Indonesia dalam laga uji coba melawan Hongkok pada tahun 2007. Sayangnya cedera yang ia alami sangat parah yang membuat pergelangan kaki kanannya patah dan harus menjalani proses penyembuhan selama 10 bulan. Akibatnya Boaz gagal tampil dalam liga AFF pada tahun 2007.

Gelar Raja Gol Liga Indonesia

Dalam Profil Boaz Solossa, Boaz memiliki julukan sebagai salah satu raja Gol Liga Indonesia bersama Peri Sandria, Kurniawan Dwi Yulianto, Bambang Pamungkas dan Ilham Jaya Kesuma. Boaz bahkan dikenal meraih gelar Top Scorer atau pencetak gol terbanyak sebanyak 3 kali.

Gelar tersebut dia raih selama musim pertandingan 2008, 2010 dan 2013. Gelar ini pertama kali ia raih pada tahun 2008, ia berhasil mencetak 28 gol sepanjang Liga Indonesia 2008. Kemudian pada Liga Indonesia 2010, ia berhasil mencetak rekor 22 gol. Dan yang terakhir ia mencetak gol sebanyak 25 kali sepanjang Liga Indonesia 2013.

READ  Gaya Rambut Gareth Bale yang Bisa Dijadikan Inpirasi

Boaz yang meraih gelar Top Scorer sebanyak tiga kali akhirnya dijuluki sebagai Raja Gol Liga Indonesia. Sampai saat ini, Boaz menjadi pemain lokal Indonesia terakhir yang berhasil meraih gelar Top Scorer ini. Belum ada pemain lokal Indonesia yang berhasil mendekati dan menyusul rekor yang dibuat oleh pemain striker Indonesia yang satu ini.

Berkat ketekunan Boaz dalam dunia sepak Bola, Boaz menjadi salah satu pemain sepak bola terbaik di Indonesia. Dari profil Boaz Solossa, dapat dilihat bahwa perjuangan Boaz membuahkan hasil dan menjadikan dirinya dikenal sebagai pemain terbaik. Bahkan dirinya masih terus ingin melanjutkan karir sepak bolanya hingga saat ini meskipun ia tergolong menjadi pemain yang tidak terlalu muda di dunia sepak bola.

About the Author: Irina Shizuka

You May Also Like