Biografi Sergio Ramos, Kapten Real Madrid

biografi sergio ramos

Spanyol sepertinya cukup subur untuk melahirkan bintang sepak bola terbaik. Pemain-pemain berprestasinya itu seakan menjadi sebuah koleksi di negara matador ini. Salah satunya Sergio Ramos. Sebagai seorang bek, Ramos acap kali mencetak gol. Maka tak heran jika banyak yang memburu biografi Sergio Ramos untuk mengenal pemain ini.

Ramos sudah menelurkan berbagai macam prestasi. Pantaslah jika ia cukup dipercaya oleh klub Real Madrid. Salah satunya menjadi kapten. Permainannya yang cukup matang, kerap memberi keamanan bagi pertahanan dan ancaman bagi setiap musuh. Jiwa leadershipnya pun mampu membuat tim tetap solid. Berikut adalah biografi Sergio Ramos yang cukup banyak dicari:

Informasi Pribadi

Sergio Ramos memiliki nama lengkap Sergio Ramos Garcia, lahir di Camas Spanyol pada tanggal 30 Maret 1986. Ayahnya bernama Jose Maria Ramos dan Ibunya Paqui Ramos. Ia memiliki dua saudara kandung, adiknya Miriam dan kakaknya Rene yang sekaligus agen bagi dirinya. Ramos memiliki nama panggilan yaitu “Cuqui”.

Sergio Ramos merupakan penganut Katolik. Ia memiliki tato Santa Maria di lengan kiri bagian atas. Pemain Real Madrid ini sudah menikah dengan Pilar Rubio, seorang jurnalis Spanyol. Ketika menikah, Ramos memilih untuk menikah di sebuah gereja kuno di kota Sevilla yang diberi nama Catedral de Santa Maria de la Sede.

READ  Gaya Rambut Pemain Bola Terpopuler, Ini Pemliknya

Masa Kecil

Sebagai seseorang yang besar di Sevilla, Ramos sudah terbiasa dengan adu banteng. Semasa kecil, Ramos suka sekali menyaksikan adu banteng. Ia bisa menghabiskan harinya hanya untuk menonton pertunjukan banteng yang sedang marah itu. Saking cintanya, bahkan ramos berteman baik dengan salah satu matador di kota itu yang bernama Alejandro Talavante.

Ramos sempat bercita-cita menjadi matador dan tidak tertarik dengan sepak bola. Tetapi karena berbahaya, orang tuanya khawatir dan membujuknya untuk beralih minat. Minat sepakbola datang ketika Rene kakaknya berhasil membujuk Ramos untuk bermain sepak bola. Perubahan itu disambut positif oleh keluarganya. Ramos semakin mencintai sepak bola hingga bergabung dengan FC Camas.

Awal Karir

Selama berada di FC Camas, penampilan Ramos sangat gemilang. Dia menelurkan banyak prestasi dan kemenangan selama berada di tim. Kemampuannya membuat ia populer, banyak wartawan yang ingin bertemu untuk mewawancarainya. Joaquin Caparros, pelatih Sevilla saat itu tertarik dengan kemampuan Ramos dan memboyongnya ke Sevilla, Bersama dengan Jesus Navas dan Antonio Puerta.

READ  Gaya Rambut Gareth Bale yang Bisa Dijadikan Inpirasi

Ramos debut secara profesional pada 1 Februari 2004. Usianya 17 Tahun kala itu. Dirinya masuk menggantikan Francisco Gallardo pada menit ke 64, meskipun kalah 0-1 melawan Deportivo La Coruna. Sepanjang musim 2004-2005, Ramos tampil sebanyak 41 kali dan membawa tim ke posisi 6 klasemen. Sevilla lolos dan berhak mengikuti Piala UEFA.

Andalan Real Madrid

Prestasinya yang berlimpah membuat Real Madrid tergoda. Pada musim panas 2005, tim dengan julukan Los Blancos ini rela memboyong Ramos seharga 27 juta euro. Rekor baru untuk seorang bek spanyol. Ramos mendapat nomor punggung 4, nomor yang sebelumnya digunakan oleh Fernando Hierro. Gol perdananya dicetak pada tangga 6 Desember 2005.

Ramos menjadi pemain yang cukup dipercaya selama berada di Real Madrid. Setidaknya sudah lebih dari 470 kali penampilannya dan 72 gol sepanjang 2005 sampai saat ini. Ramos juga sudah menemani Real Madrid setidaknya lebih dari 43 kali dalam laga El Classico. Ia adalah pemain yang paling sering tampil di laga tersebut.

READ  Pencetak Gol Argentina vs Nigeria di Piala Dunia

Karir Internasional

Ramos sudah mendukung Spanyol sejak tahun 2002 ketika bersama timnas Spanyol U16. Sejumlah pertandingan besar pun sudah dijalani hingga saat ini, mulai dari piala eropa hingga piala dunia. Penampilannya sudah lebih dari 195 bersama tim Spanyol. Suatu dedikasi yang tidak bisa dibilang sedikit. Tak sedikit pula pertandingan yang berakhir dengan kemenangan. 

Puncak karir Internasionalnya terlihat ketika tahun 2010. Untuk pertama kalinya Ramos dipercaya sebagai kapten pada 3 Juni 2010 sepanjang Piala Konfederasi FIFA 2009. Ramos juga setia menemani Spanyol sepanjang Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan hingga final dan menghadapi Belanda. Spanyol menang 1-0, menjadi juara Piala Dunia untuk pertama kalinya.

Demikianlah biografi Sergio Ramos. Banyak pelajaran yang bisa kita ambil, mulai dari kerja kerasnya hingga dedikasinya dalam pekerjaannya. Meskipun awal setiap karirnya dirasa kurang bagus, tetapi keinginannya untuk tidak berhentilah yang membuatnya cukup disegani. Sepertinya 27 juta euro adalah keputusan yang tepat untuk Real Madrid terhadap pemain satu ini.

About the Author: Irina Shizuka

You May Also Like